Kamis, 30 Juni 2011

belajar mengatur waktu

Mengatur waktu dan menggunakannya dengan baik ternyata gak semudah yang dibayangkan. Ketika pagi2,setelah bangun pagi, didalam otak ini rasanya ada berbagai rencana dan udah disusun. Pokoknya abis ini, ini terus ini trus begini. Tapi pada kenyataannya emang gak semudah yang dibayangkan.

Contohnya saya, misal hari senin, pagi2 udah mikir,pokoknya ngenet mpe jam 6an, bis thu berangkat kuliah jam 7, ngerjain laporan, praktikum. Setelah selesai kuliah itu ngerjain tugas kkn. Bis itu ngobrol atau maen bentar pulang jam 9 malem. Mpe rumah ngenet atau ngegame trus tidur.

Tapi kenyataannya, berangkat kuliah jam 9, bis itu mbolos kuliah ngerjain laporan praktikum. Bis praktikum malah ngenet lagi,tugas kkn terbengkali (ditunda2). Trus malah maen baru pulang mpe rumah jam 22.30. Mpe rumah kecapekan tidur. Blum lagi makan yang asal2an.Ya kayak gitulah rata2 keseharian saya. Harus ada perubahan dalam hidup saya kalo mau membuat nasib dan jalan hidup ini lebih baik menuju kesuksesan. *halah..hhohoho

Emang susah seh ngatur waktu. Tapi susah bukan berarti gak bisa. Saatnya tegas kepada diri sendiri. Belajar tepat waktu termasuk tepat waktu masuk kuliah dan tepat waktu datang rapat. Semuanya harus saya lakukan. Kayak pak adire wongso bilang, “jika anda keras terhadap diri anda,maka kehidupan akan lunak kepada anda. Tapi kalo anda lunak terhadap diri anda,maka kehidupan akan keras kepada anda”.

Nah untuk itu saya akan belajar lebih tegas lagi terhadap diri saya. Alhamdulillah sekarang saya dah mulai bisa bangun pagi. Dan mulai melatih tidur sorean (jam 11an malam) karena biasanya tidur jam 2. :D Sekarang saatnya ngatur waktu dari jam 5 pagi mpe jam 11 malam itu. :)

Gimana enaknya ngatur waktunya? mau dari jam ke jam atau kuliah 6 jam,makan 1 jam,maen 2 jam,ngenet 4 jam,dst? enak yang mana? Hmm..menurut saya lebih enak kembali ke rencana awal tadi. :D Pokoknya ngenet mpe jam 6an, bis thu berangkat kuliah jam 7, ngerjain laporan, praktikum. Setelah selesai kuliah itu ngerjain tugas kkn. Bis itu ngobrol atau maen bentar pulang jam 9 malem. Mpe rumah ngenet atau ngegame trus tidur.

Maksudnya? Tepati apa yang telah saya rencanakan pagi setelah bangun. Tepati,tepati,tepati gak boleh ada satu halangan pun yang menghalangi semua rencana kegiatan saya. Termasuk mood saya dan saya tegaskan pada diri saya, “SAYA HARUS BISA!”. Jadi semua yang telah saya rencanakan pagi ini bisa terlakasana semua.

Saatnya belajar mengatur waktu dan menyusun rencana kegiatan. Dan sekarangan adalah waktu mencoba. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar