Kamis, 26 Maret 2015

Mengapa Main Game


Hay bloger, mumpung lagi semangat menulis, sekarang saatnya saya lanjutkan ke post ke empat tentang Mengapa Main Game ?. untuk teman-teman yang bukan penggila game spereti saya yang gamers pasti berfikir bahwa game itu hanya buang-buang waktu, dan tidak ada manfaat sama sekali. maka sekarang saya akan meluruskan pemikiran itu, memberikan sedikit pemahaman tentang game pada teman.

Game itu ada banyak kategori, ada game action, driving atau balap, perang, strategi, arcade, simulator dan game petualangan, setiap kategori ini ada peminatnya masing-masing, saya adalah penggila game strategi. bagi saya game itu memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
1. game memiliki manfaat sebagai pengembang kemampuan imajinasi, untuk seorang yang susah mencari inspirasi yang kreatif, game merupakan salah satu tempat yang tepat dalam mencari inspirasi, daya imajinasi berkembang di dalam game, kadang ide-ide kreatif datang disaat kita sedang bermain game. mengapa saya berkata demikian ? karena game memiliki dunianya sendiri yang berbeda dangan dunia luar
2. game dapat membuat daya ingat seseorang meningkat. coba anda fikirkan, anak-anak lebih cepat mengingat yang mana , hal yang didapatkannya di dalam game atau yang didapatkanya di dalam buku ? beberapa orang lebih cepat ingat sesuatu yang didapatkanya ketika ia santai dibandingkan saat ia tegang dan lelah. maka terkadang game merupakan tempat belajar yang baik, maka untuk orang tua,  pilihlah game yang tepat untuk anak-anak anda, saya pikir pada zaman yang serba elektronik ini justru lebih baik membebaskan anak anda belajar dari game dari pada memaksanya membaca buku tebal dan memusingkan kepala, kecuali jika memang anak anda hobi membaca buku.
3. game dapat melatih kemampuan manajemen dan kepemimpinan. di dalam game strategi yang biasa saya maiankan, kita dilatih untuk memilih dan mengatur pasukan untuk dapat mengalahkan musuh, disini kita dilatih mengamati kemungkinan yang akan terjadi dengan susunan pasukan yang kita buat. nah jika kita lihat ke manajemen usaha, bukankah kita dituntut untuk dapat menempatkan seseorang di tempat yang tepat ? terkadang saya berfikir kehidupan ini juga termasuk ke dalam game, hanya saja dalam kehidupan nyata tidak ada kata tamat atau game over.
4. game merupakan tempat belajar bagaimana kehidupan nyata, jika kita masih ragu unuk turun ke lapangan langsung, berlatih dulu di dalam game, seperti belajar menyetir. seperti berita yang satu ini " sering main GTA, bocah 11 tahun selamatkan nyawa kakeknya" dia tidak pernah belajar mengemudi di dunia nyata, namun akibat sering bermain game simulator, setidaknya ia tahu apa fungsi, kegunaan dan tindakan yang akan dilakukannya di dalam mobil.
5. dalam game kita bisa mendapatkan teman baru, inilah salah satu fungsi game online. semua gamer di indonesia bahkan di dunia bermain game online ini, bukan hanya menambah teman, tapi kita juga bisa memperluas relasi, kita bisa bertukar pemikiran, pengalaman dan informasi dengan mereka. sebenarnya di media sosial kita juga bisa melakukan hal ini, tapi kebanyakan yang saya temukan di media sosial orang-orang lebih memilih-milih teman yang akan diajak bicara, tapi di dalam game online kita semua sama, apapun satus sosial kita. saya sering menemukan para pekerja, direktur, pelajar, anak-anak bermain game online, tapi di dalam game mereka semua sama, tidak ada batasan diantara mereka, itulah game MMORPG.

itu beberapa manfaat dan kegunaan game yang saya pahami, sebenarnya game itu cukup besar manfaatnya, namun yang salah adalah bermain game tanpa melihat batas dan waktu. ada yang seharian di depan komputer hanya bermain game padahal ada yang lebih penting yang harus dilakukanya, sampai-sampai lupa makan, tidur, dan jarang pulang , ini adalah efek samping dari game yang dapat menyebabkan seseorang ketagihan memainkanya, dan tidak akan berhenti memainkannya hingga ia tamat memainkannya. hal inilah yang menyebabkan game itu salah di pandangan orang-orang kebanyakan, padahal jika kita menyiasatinya, manfaat dan kegunaan game itu cukup berpengaruh di dalam kehidupan kita. dan dalam pemilihan game, ada banyak jenis game yang beredar di luaran sana, juga tidak sedikit game yang tidak memiliki unsur manfaat sedikitpun yang terkandung di dalamnya.jadi memilih game yang cocok untuk umur,negara dan gender itu juga penting.

jadi, bagaimana menurutmu game itu ? membuang-buang waktukah ?, merusak kesehatankah? memperbodohkah ?, teman-teman boleh menilai jelek game, karna teman-teman berhak menilai apapun yang ada di sekeliling teman-teman. ini hanya penilaian dan pemahaman saya yang pernah menjadi seorang gamers, dan saya merasakan manfaatnya dan saya juga sudah mengetahui efek sampingnya sehingga saya selalu mencoba untuk menahan diri dalam bermain game sekarang.

sekian post ke empat yang saya tulis ini, semoga bermanfaat. jika ada yang salah harap dimaklumi, jika teman-teman ingin mengkritik tulisan saya ini silahkan, jika ada baik menurut teman-teman silahkan dibungkus dan dibawa pulang.
sampai ketemu lagi di post-post selanjutnya. see you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar